Website Resmi Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kota Pangkalpinang

Kemendag Dorong UMKM Go Digital Agar Kuasai Pasar Dalam Negeri

Ilustrasi pelaku UMKM Sumber : https://www.bumn.info/info-utama/kementerian-bumn-dorong-umkm-melesat-dan-go-global
0

Merdeka.com – Kementerian Perdagangan terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) domestik untuk bertransformasi ke ekosistem digital. Upaya ini agar produk lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Sistem perdagangan saat ini diwarnai dengan ekonomi digital. Artinya UMKM harus segera mewarnai ekonomi digital, agar produk lokal menguasai pasar kita sendiri,” katanya dalam talkshow virtual bersama Kementerian Perdagangan dan UMKM, Jumat (19/11).

Oke menerangkan, ada banyak manfaat bagi pelaku UMKM untuk segera bergabung ke dalam ekosistem digital. Antara lain memperluas jangkauan wilayah pemasaran produknya.

Selain perluasan jangkauan wilayah pemasaran, pemanfaatan teknologi juga dinilai menjawab kebutuhan konsumen. Mengingat, di tengah pandemi Covid-19 ini konsumen mulai membatasi kegiatan belanja secara langsung atau tatap muka.

“Di masa pandemi ini ternyata terjadi perubahan preferensi masyarakat. Kalau kita melihat pola perubahan masyarakat terhadap ekonomi digital lebih terbiasa karena ada PPKM,” ucapnya.

Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan memproyeksikan kontribusi ekonomi digital terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat pesat di 2030 mendatang. Yakni mencapai 18 persen.

“Kita perkirakan di tahun 2030 nanti kontribusi ekonomi digital meningkat menjadi 18 persen,” tandasnya. [azz]

 

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/kemendag-dorong-umkm-go-digital-agar-kuasai-pasar-dalam-negeri.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.