Website Resmi Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kota Pangkalpinang

Tingkatkan UKM Ekspor,Kemendag Gandeng Platform Digital Indonesia

Ilustrasi UMKM. Seorang warga menggunakan pembayaran nontunai Quick Response Indonesia Standard (QRIS) saat membeli kopi di warung kopi Jalik Rumbuk di Mataram, NTB, Selasa (12/1/2021). - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
0
Jakarta, 4 Mei 2021 – Kementerian Perdagangan terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) guna mendorong kinerja ekspor nasional. Untuk itu, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar kegiatan “Promosi Ekspor Melalui Platform Digital Indonesia” secara daring dan luring yang berlangsung pada Kamis, (29/4) di Depok, Jawa Barat.Pada kegiatan tersebut,Kemendag berkolaborasi dengan salah satu platform digital Indonesia Goorita.com yangtelah terintegrasi langsung dengan sistem lokapasar internasional seperti Amazon, eBay, dan Etsy. Kegiatan ini juga didukung GoPlay sebagai platform live streamingGojek Indonesia.”Promosi ekspor melalui platformdigital perlu dioptimalkan untuk meningkatkan penetrasi pasar produk-produk UKM Indonesia di pasar global, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Kami telah menjajaki peluang ini dengan beberapa lokapasar Indonesia, salah satunya denganGoorita.com yangkami nilai sudah cukup siap untuk membantu produk UKM Indonesia untuk Go International,”kata Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional Marolop Nainggolan.Acara ini menghadirkan 10 pelaku UKM terpilih yang berkesempatkan memperkenalkan produk-produknya kepada para pesertayang terdiri atas perwakilan perdagangan serta diaspora Indonesia dari 10 negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, dan Hongkong. Para pelaku UKM tersebut juga mengirimkan produk sampel kepada para peserta. Selain itu, di acara ituterjadi pembelian langsung produk-produk UKM oleh diaspora.Marolop menjelaskan, untuk produk makanan, ekspor melalui internasional mail dapat dimasukkan ke dalam katergori makanan buatan rumah (home-made food). Namun, produk ini harus diproduksi oleh UKM dan dikirimkan langsung ke pembeli dalam jumlah kecil (personal use). Dengan cara ini, beberapa aturan dikecualikan sehingga dapat dilakukan UKM untukmemperkuat penjenamaan (branding)sekaligus merupakan upaya intelejensi pasar untuk mengetahui preferensi pembeli di negara tujuan.Namun, untuk memasuki pasar negara tujuan produk UKM, lanjut Marolop, Indonesia harus memenuhi regulasi pasar. Untuk itu, Kemendag tetap melakukan edukasi terkait peraturanyang berlaku di negara tujuan. Sehingga promosibisnis ke konsumen(business to consumer/B2C)ini dapat meningkat ke skala bisnis ke bisnis (business to business/B2B)setelah syarat-syarat dipenuhi.

“Untukproduk makanan dan minuman misalnya, kebanyakan negara tujuan ekspor mensyaratkan informasi nilai nutrisi (nutrition facts)pada kemasan, bahkan mengharuskan informasi ini dalam bahasa negara tersebut,” terang Marolop.Marolop berharap, pelaku UKM Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk dapat menembus pasar ekspor. “Untuk itu, para pelaku UKM harus terus meningkatkan pengetahuannya mengenai informasi pasar tujuan ekspor serta regulasi yang berlaku di negara tersebut dari berbagai sumber yang kini semakin mudah diakses,”imbuh Marolop.Diaspora Indonesia yang tersebar di banyak negara juga menjadi peluang untuk memperluas pasar produk Indonesia dengan memanfaatkanplatform digital.”Diaspora Indonesia merupakan duta besar dalam promosi produk dan jasa Indonesia di luar negeri. Peran kuat diaspora akan sangat membantu peningkatan ekspor sekaligus pertumbuhan ekonomi Indonesia,”pungkas Marolop Pelaksanaankegiatanini merupakan bagian dari promosi UKM yang sebelumnya dilakukan pada 27 April 2021 di Kantor GK Hebat, Jakartasebuah enablerUKM yang dimotori oleh Kaesang Pangarep.Selanjutnya, pada 4 Mei 2021 juga dilakukan kegiatan bertajuk “Jelajah Rak Sebelah” untuk semakin mengenal produk lokal UKM Indonesia lebih jauh lagi. Kegiatan tersebut disiarkan langsung pada platform GoPlay Indonesia.
–selesai–
Sumber: Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor NasionalDisunting oleh Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan
Leave A Reply

Your email address will not be published.